Tips merawat mesin motor agar awet dan prima

Tips merawat mesin motor agar awet dan prima
Tips merawat mesin motor agar awet dan prima
Mesin motor merupakan komponen utama yang perlu diperhatikan agar lebih awet dan dapat di pakai dalam jangka panjang, kondisi yang prima merupakan tuntutan wajib bagi motor yang kesehariannya di pakai untuk kerja atau rutinitas sehari-hari.

Lalu hal apa yang perlu di perhatikan agar kondisi mesin selalu prima dan awet adalah sebagai berikut :


Gunakan/memilih oktan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan motor

Untuk motor injeksi gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi di atas 90, karena dengan menggunakan bahan beroktan tinggi akan menyempurnakan pembakaran mesin anda. Motor injeksi memang di anjurkan menggunakan bahan bakar beroktan 90 keatas.

Jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah akan mengakibatkan kerak pada sistem injeksi dan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin. Hal yang lebih parah adalah menyebakan tersumbatnya luabng injektor.

Sedangkan untuk motor biasa atau bukan injeksi boleh menggunakan oktan 90 kebawah, motor mesin biasa adalah motor yang masih menggunakan karburator pada sistem pembakarannya

Ganti oli/oil/pelumas mesin secara teratur

Mengganti oli mesin motor secara teratur adalah berdampak pada akselerasi motor agar selalu tetap prima di bawa berkendara. Idealnya mengganti oli mesin adalah setiap 2 bulan sekali atau ketika motor sudah menempuh jarak 1000 km.

Selain itu juga ganti oil gear setiap 5000 km, untuk memaksimalkan kinerja gear motor automatic anda. Kemudian untuk oil shockbeker penggantian idealnya adalah setelah 10.000 km atau setelah terdengar suara mendecit.

Perawatan busi

Perawatan busi adalah hal yang mudah untuk dilakukan, dengan membersihkan kerak yang ada disekitar elektroda pengapian busi. Untuk melihat apakah pengapian masih bagus tidaknya adalah dengan melihat percikan api yang di hasilkan.

Normalnya percikan api yang bagus adalah berwarna biru dan apinya fokus tidak menyebar, perawatan busi ini dilakukan secara berkala. Ada baiknya untuk menyediakan busi cadangan untuk berjaga-jaga jika busi bermasalah di saat perjalanan.

Perawatan aki motor

Untuk perawatan aki motor yang perlu di perhatikan adalah bahwa motor selalu di panaskan setiap hari hal ini bertujuan agar aki selalu prima, hal ini berlaku untuk aki kering dan basah. Baik untuk sepeda motor atau mobil.

Lalu apakah yang terjadi apabila motor atau mobil tidak di panaskan? 
maka tidak arus pengisian dalam cell aki, hal ini berakibat listrik dalam aki turun dan susah dinyalakan dengan elektric starter. Hal yang bisa dilakukan adalah mengisi atau charge aki ulang untuk mengatasi permasalahan ini

Periksa ECU (electronic control unit )

ECU adalah otak pada motor yang berfungsi mengatur arus untuk pengapian pada mesin, di samping itu ECU juga sengatur semua yang berhubungan dengan kelistrikan baik pada motor maupun mobil.

ECU ini jarang sekali terjadi kerusakan, tetapi apabila bermasalah maka akan membuat motor anda mogok, yaitu hilangnya pengapian pada kabel listrik yang masuk ke busi. 

Lakukan perawatan atau service secara berkala

Perawatan mesin secara berkala selain berhubungan dengan hal di atas, misal ranati kendur kampas rem depan atau belakang habis, minyak rem cakram habis, hal-hal yang tidak bisa kita lakukan sendiri ada baiknya kita serahkan kepada yang lebih ahli.

Mesin motor merupakan komponen utama yang perlu diperhatikan agar lebih awet dan dapat di pakai dalam jangka panjang, kondisi yang prima merupakan tuntutan wajib bagi motor

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget